Iri hati: “Suatu perasaan tidak puas dan kehendak yang tidak baik yang disebabkan oleh keuntungan, kepemilikan atau kesuksesan orang lain.” Ini adalah suatu pengalaman yang telah kita alami pada suatu waktu dalam kehidupan kita. Bahkan perasaan ini adalah begitu umumnya sehingga kebanyakan orang berpikir bahwa perasaan tersebut bukanlah suatu masalah yang besar. Mereka melihatnya hanya sebagai suatu emosi manusia yang tidak berbahaya.


Tetapi mereka salah besar. Walaupun kadang-kadang terlihat tidak berdosa tetapi iri hati adalah racun pribadi dari iblis yang dirancang untuk mengubah kasih menjadi kebencian dan melumpuhkan kuasa iman di dalam kehidupan anda. Jika anda ingin untuk melihat sebagaimanna mematikannya iri hati itu, lihatlah apa yang dikatakan di dalam Alkitab mengenainya. Cari tahu darimana ia datang―dan yang lebih berbahaya daripada itu―kemana arahnya. Setelah anda melakukan hal tersebut, anda akan ingin untuk menyingkirkan iri hati dari diri anda untuk selama-lamanya. “Yah Gloria, hal itu tidaklah sulit bagi saya,” mungkin anda berkata. “Saya rasa saya tidak iri pada siapapun juga.” Hal itu mungkin benar. Tetapi saya mendorong anda untuk menyelidiki hati anda dengan teliti agar lebih pasti. Seringkali kita bahkan tidak sadar akan iri hati tersebut. Kita mungkin merasa perasaan tersebut bergejolak di dalam diri kita, tetapi kita luput untuk mengenalinya karena kita menganggap bahwa perasaan semacam itu adalah sesuatu yang “alamiah.” Sebenarnya iri hati adalah benar-benar merupakan sesuatu yang “alamiah.” Hal itu adalah bagian dari apa yang Alkitab sebut sebagai “pikiran alamiah atau kedagingan.” Itu adalah suatu pemikiran yang diprogram oleh iblis agar bertentangan dengan Tuhan. Istilah lain yang digunakan Alkitab untuk iri hati adalah “keinginan daging.” Iri hati masuk dalam daftar “perbuatan daging” di dalam Galatia 5 bersama-sama dengan dosa-dosa serius lainnya termasuk: “Percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseturuan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya… (ayat 19-21). Itu bukan suatu daftar yang baik bukan? Kebanyakan orang percaya tidak akan pernah secara sengaja melakukan salah satu dari perbuatan daging tersebut. Jadi bagaimana iri hati masuk ke dalam kehidupan kita? Iri hati datang tanpa memperkenalkan dirinya. Iri hati menyelinap tanpa diketahui. Misalkan anda pergi ke gereja, dan anda melihat Bapak Smith dengan mobil barunya. Tiba-tiba suatu pemikiran masuk ke dalam pikiran anda: Mengapa dia memiliki mobil baru? Dia tidak memerlukannya. Aku yang membutuhkan mobil baru. Atau misalkan anda melihat Ibu Jones dengan baju barunya yang bagus. Selagi anda duduk di sebelahnya, anda melihat betapa lusuhnya baju anda dibandingakan dengan bajunya. Tiba-tiba anda merasa seperti seorang saudara tiri yang buruk rupa. Mungkin anda tidak berpikir lebih jauh lagi mengenai hal tersebut―secara sadar. Tetapi kemudian anda menyadari bahwa anda merasa sedikit jengkel atau tertekan. Anda tidak tahu mengapa anda merasa seperti demikian. Bagaimanapun juga, anda sedang mengalami hari yang baik sampai beberapa saat yang lalu. Apa yang terjadi?
Saya akan memberitahu kepada anda apa yang telah terjadi. Iri hati datang dan meracuni anda dengan kehendak yang tidak baik dan perasaan tidak puas karena kesuksesan atau keberhasilan orang lain. Iri hati mulai bekerja pada anda.

Ditulis oleh GKPS DENPASAR Monday, December 21, 2009

0 komentar

Subscribe here

Tentang Kami

My photo
Denpasar, Bali, Indonesia
WELLCOME to Gereja Kristen Protestan Simalungun Bali... Di sini tempat kita memuji Tuhan Yesus Kristus, tempat kita belajar Firman Tuhan... Let's praise Jesus Christ..!!Haleluya...

Pengurus Gereja

Pendeta
Pdt. Melena br. Turnip

Pimpinan Majelis

Vorhanger : St. Jansen Purba Sidagambir
Wapeng : St. Rajalim Saragih Simarmata
Sekretaris : Sy. Johny Damanik
Bendahara : St. W. Saragih Simarmata

Anggota Majelis
St. Rajalim Saragih
St. H. F. Sinaga
Sy. HJ. Sipayung
Sy. Enrico Purba
Sy. Doni F. Sinaga
Sy. Jayansen Sipayung
Sy. E. H. Sinaga
Sy. Jadima Purba Sidagambir
Sy. Benny Saragih
Sy. Jonrianto Purba

Seksi-seksi/Koordinator
Bapa: Sy. Jayansen Sipayung
Wanita: Ny. M. Lisbeth Br. Saragih
Pemuda: Sy. Donny Sinaga
SM: Ny. Evi K. Br. Girsang

Pembimbing
Bapa: St. H. F. Sinaga
Wanita: St. W. Saragih Simarmata
Pemuda: Sy. Jadima Purba Sidagambir
SM: Sy. Jonrianto Purba

Translate

GKPS Denpasar's Moments

Pensi Pgkps Denpasar

Ianan, Lokasi


View Tanjung Benoa in a larger map