Pada hari Sabtu, 12 Desember 2009, telah dilaksanakan perayaan natal pemuda-pemudi di GKPS Denpasar. Acara yang dipersiapkan oleh panitia kurang lebih 2 bulan kali ini memang cukup padat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya bagian acara yang tertera pada tata ibadah natal. Puji Tuhan, karena kebaikan Tuhan Yesus, acara dapat berlangsung dengan cukup baik dari pembukaan, kebaktian Natal, dan perayaan Natal. Luar biasa, kasih Tuhan.

Acara natal ini sendiri dijadwalkan mulai tepat pukul 19.00 WITA. Namun, lagi-lagi keterlambatan selalu terjadi. Pada akhirnya, acara dapat dimulai sekitar 19.45 WITA atau terlambat sekitar 45 menit dari jadwal semula. Hal ini tidak mengurangi semarak natal pemuda-pemudi itu sendiri. Ya, kekompakan pemuda-pemudi GKPS Denpasar yang terlihat dari seragam batik yang dikenakan oleh setiap pemuda/I serta posisi duduk yang tetap bersama-sama menunjukkan semangat pemuda/I GKPS Denpasar dalam menyambut natal kali ini. Para penerima tamu menyambut jemaat serta para undangan yaitu pemuda/I GBKP, Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara (IMSU), Ikatan Mahasiswa Batak se-Bali (IMBS), dan juga anak-anak panti Asuhan Kehidupan Berbangsa yang datang memasuki gereja, lalu acara langsung diawali dengan penjelasan acara oleh MC. Pemuda langsung menyambut semua jemaat dan undangan dengan menyanyikan bersama lagu pujian Hari Ini ‘Hari yang telah dijadikan Tuhan’ dan ‘Bangkit Serukan Nama Yesus’ dengan penuh semangat. Semua yang hadir pada malam itu pun menjadi tambah bersukacita dan bersemangat, terlihat dari wajah-wajah yang menunjukkan keceriaan.
Memasuki prosesi, para pelayan yaitu pengkhotbah, paragenda, galangan, dan ketua natal terlibat pada prosesi ini. Suasana pun mulai tambah khusyuk dan syahdu. Diiringi nyanyian ‘Berhembuslah Roh Kudus’, semua jemaat menyanyi dengan penuh penghayatan. Setelah itu, memasuki Votum-Introitus-Doa oleh paragenda. Acara terus berjalan ‘mengalir’ diselingi dengan pujian-pujian untuk kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus. MC/Singer memandu pujian dengan penuh sukacita dan penghayatan sesuai dengan lagu yang akan dinyanyikan. Pada kebaktian natal ini, berturut-turut terdapat puisi “Kristus Memberi Warna di Hidupku” yang dibawakan oleh seorang pemudi dengan penuh penghayatan, operet natal “Warna-warni Persahabatan” oleh pemuda/I GKPS Denpasar, refleksi natal “Godaan Iblis”, VG kaum Bapa GKPS Denpasar, serta koor pemuda/I GKPS Denpasar “Mari Rayakan”. Semua bagian acara ini didukung oleh background panggung yang menarik lewat LCD proyektor. Hal ini menjadikan suasananya sangat mendukung setiap bagian acara. Pada penyalaan lilin natal, beberapa pemudi melakukan tarian prosesi sebelum para petugas penyalaan lilin yaitu ketua-ketua kategorial di GKPS Denpasar menyalakan 7 lilin yang ada di depan jemaat. Sungguh suasana yang syahdu. Setelah itu pemuda pun perlahan-lahan maju ke depan menyanyikan koor “Lilin-lilin Perdamaian” dengan merdu, dilanjutkan doa syafaat oleh seorang pemudi.
Renungan natal pemuda/I yang kali ini dibawakan oleh Vic. Pdt. R. Situmorang terambil pada kitab Yesaya. Inti dari renungan pada malam itu yakni bagimana kita dapat menjadi terang yang membawa perubahan pada dunia sesuai dengan subtema natal “Mewarnai Dunia dengan Kasih Kristus”. Sama seperti Kristus yang telah lahir ke dunia untuk membawa terang dan keselamatan bagi umat yang percaya padaNya. Kita sebagai saksi Kristus pun harus bisa menjadi pribadi yang dapat ‘mewarnai’ dunia dengan setiap perilaku dan teladan kita yang sesuai dengan Firman Tuhan sehingga kedatangan Tuhan ke dunia tidak sia-sia. Setelah khotbah, jemaat mengumpulkan persembahan.
Pada perayaan natal, suasana menjadi kembali bersukacita. Hal ini ditambah pula dengan bernyanyi bersama “Dia Lahir untuk Kami”, ya Yesus lahir untuk kita semua dengan bersemangat diiringi oleh tim music pemuda yang bertugas sangat baik malam itu dalam mendukung acara natal ini. Perayaan dilanjutkan dengan makan malam bersama, pada saat yang sama pemuda/I dari GBKP dan IMSU mengumandangkan pujian bagi Tuhan. Setelah itu, ketua natal, pimpinan majelis St. W. Saragih, mewakili orang tua Sy. E.H. Sinaga, dan undangan dari IMBS menyampaikan kata sambutan. Ketika beberapa jemaat dan undangan sudah tampak ada yang meninggalkan gereja, pemuda/I mempersembahkan drama komedi “warna-warni kehidupan menyambut Natal”. Jemaat dan undangan yang masih ada menikmati dan terkadang tertawa melihat aksi para muda-mudi GKPS Denpasar melakonkan peran masing-masing. Setelah itu, ada pula tarian dari anak-anak panti asuhan Kehidupan Berbangsa sekaligus pemberian bingkisan tanda kasih dari pemuda yang diwakili ketua panitia Natal. Sekitar pukul 10.20 WITA, acara ditutup dengan nyanyian bersama semua pemuda/I GKPS Denpasar, dan kata penutup oleh BPH pemuda, serta doa penutup.
Terima kasih buat Tuhan Yesus yang telah turut campur tangan dalam perayaan natal pemuda/I GKPS Denpasar 2009 ini mulai dari persiapan, latihan, dan lain-lain. Luar biasa, natal pemuda GKPS Denpasar tahun 2009 telah berjalan. Sonai ma napadas barita on, Merry Christmas, Tuhan mamasu-masu. Amen.
BPH Pemuda:
Ketua: Jackson Purba
Wakil: Ivan D. Girsang
Sekretaris: Yusabari Eben Purba
Bendahara: Dormi Saragih
Panitia Natal Pemuda/I GKPS Denpasar 2009
Ketua: Ivan D. Girsang
Sekretaris: Ida Novita Girsang
Bendahara: Putri Sipayung
Sie Acara: -Evans L. Gaol (Koo)
-Benny Saragih
-Y. Eben Purba
-Anastasia Pattula
Sie Rohani: -Loviner Purba (Koo)
-Lily Purba
Sie Dana: -Timotius Saragih (koo)
-Elbinsar Purba
-Okto Girsang
Sie Perlengkapan: -Betman Damanik (koo)
-Aditya Damanik
-Erlan Saragih
Sie Konsumsi: -Fitri Radjagukguk (koo)
-Frans Noverwin Saragih
-Detta Tarigan
Sie PubDekDok: -Jackson Caldo Purba (koo)
-Daniel Haloho
Sie Humas/Transportasi: Ricky Saragih
MC/Singer: Nima Saragih, Timotius Saragih, Dormi Saragih, Loviner Purba
Paragenda: St. R. Saragih
Penerima tamu: Septi Sinaga, Monang Sinaga, Ucok Sinaga
Tim music: Eben Purba, F. Noverwin Saragih, Aditya Damanik, Aldi Sinaga
Penari: Lily Purba, Risma Purba, Vivi Purba
Puisi: Irma P. Saragih
Operator: Benny Saragih dan Doni F. Sinaga

Ditulis oleh GKPS DENPASAR Monday, December 28, 2009

0 komentar

Subscribe here

Tentang Kami

My photo
Denpasar, Bali, Indonesia
WELLCOME to Gereja Kristen Protestan Simalungun Bali... Di sini tempat kita memuji Tuhan Yesus Kristus, tempat kita belajar Firman Tuhan... Let's praise Jesus Christ..!!Haleluya...

Pengurus Gereja

Pendeta
Pdt. Melena br. Turnip

Pimpinan Majelis

Vorhanger : St. Jansen Purba Sidagambir
Wapeng : St. Rajalim Saragih Simarmata
Sekretaris : Sy. Johny Damanik
Bendahara : St. W. Saragih Simarmata

Anggota Majelis
St. Rajalim Saragih
St. H. F. Sinaga
Sy. HJ. Sipayung
Sy. Enrico Purba
Sy. Doni F. Sinaga
Sy. Jayansen Sipayung
Sy. E. H. Sinaga
Sy. Jadima Purba Sidagambir
Sy. Benny Saragih
Sy. Jonrianto Purba

Seksi-seksi/Koordinator
Bapa: Sy. Jayansen Sipayung
Wanita: Ny. M. Lisbeth Br. Saragih
Pemuda: Sy. Donny Sinaga
SM: Ny. Evi K. Br. Girsang

Pembimbing
Bapa: St. H. F. Sinaga
Wanita: St. W. Saragih Simarmata
Pemuda: Sy. Jadima Purba Sidagambir
SM: Sy. Jonrianto Purba

Translate

GKPS Denpasar's Moments

Pensi Pgkps Denpasar

Ianan, Lokasi


View Tanjung Benoa in a larger map