Pada hari Minggu tanggal 20 September 2009 telah dilaksanakan perayaan pesta olob-olob GKPS Resort Surabaya di GKPS Denpasar-Bali dengan sukses. Semua jemaat sangat antusias mengikuti seluruh acara yang dirangkai dalam 3 rangkaian acara yaitu pra-perayaan, ibadah olob-olob, dan hiburan/lelang setelah ibadah.
Adapun pra-perayaan olob-olob dilaksanakan satu minggu sebelum perayaan tepatnya tanggal 13 September 2009.

Kegiatan pra-perayaan merupakan rekreasi bersama di pantai Nusa Dua yang kurang lebih berjarak 40 Km dari lokasi gereja. Kegiatan diawali dengan makan bersama, kemudian dilanjutkan dengan beberapa games antara lain, sarung berantai, pesan berantai, berpacu halleluya, dan ikatan emosional suami-istri. Semua games membutuhkan konsentrasi dan kerjasama yang baik tentunya. Rangkaian acara pra-perayaan ini dikoordinir oleh Ny. E. Purba br. Saragih. Anak-anak sekolah Minggu pun bermain bersama di pinggiran pantai. Seluruh jemaat mengikuti acara sampai selesai dihiasi canda tawa dan rasa sukacita hingga sore hari.
Seminggu kemudian, Minggu tanggal 20 September 2009, dilaksanakan acara puncak perayaan olob-olob yang diawali kebaktian Minggu. Nuansa berbeda langsung dirasakan ketika berada di gereja. Perayaan olob-olob kali ini seluruh jemaat memakai pakaian adat Simalungun lengkap dengan Bulang bagi kaum inang dan gotong bagi kaum bapak. Hal ini tentu menambah semarak dan kemeriahan perayaan olob-olob resort Surabaya ditambah hadirnya beberapa warga GKPS Surabaya. Selain itu, pada saat acara berlangsung posisi duduk suatu keluarga selalu bersamaan. Sesuai dengan tahun keluarga yang ditetapkan oleh GKPS pusat tahun ini. Pelaksanaan ibadah diawali dengan prosesi yang disambut dengan tarian adat Simalungun oleh dua orang anak sekolah minggu yaitu Tasya br. Damanik dan Novri br. Purba. Prosesi ini menyambut para pelayan/petugas ibadah antara lain Pdt. I. Sipayung sebagai Paragenda, Pdt. Rusmala Dewi Munthe sebagai pembawa Firman Tuhan, Vic. Pdt. Rolandi Situmorang sebagai pembawa pujian, dan beberapa orang Majelis. Pada saat ibadah semua kategorial baik bapa, inang, pemuda, dan sekolah minggu terlibat dalam menampilkan persembahan pujian yang sangat kreatif. Seluruh jemaat memuji nama Tuhan dengan penuh sukacita diiringi pemuda yang memainkan musik. Perayaan dilanjutkan dengan Firman Tuhan yang dibawakan oleh Pdt. Rusmala Dewi Munthe pun menambah semangat hidup setiap jemaat. “Atap aha pe na masa, marolob-olob!!!, marolob-olob, atap aha pe na masa!!!”, seru Pdt. Rusmala Dewi Munthe dibalas oleh semua jemaat.
Seusai ibadah, kegiatan dilanjutkan dengan perayaan pesta olob-olob meliputi hiburan dan lelang. Acara diawali dengan makan siang bersama. Sambil menikmati makan siang, ketua Panitia bapak H. J. Sipayung, S.T. menyampaikan sambutan yang intinya adalah menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jemaat yang mau ikut berpartisipasi menyukseskan pesta olob-olob kali ini. Dilanjutkan pula kata sambutan dari Pendeta Resort. Untuk kita ketahui bersama, panitia pesta olob-olob Resort Surabaya kali ini terdiri dari bapak H. J. Sipayung, S.T. (ketua), bapak J. Sipayung (Sekretaris), dan bapak E. Purba (Bendahara). Lelang pun dapat berlangsung dengan baik dengan melibatkan setiap jemaat.
Pada acara hiburan, semua kategorial ikut terlibat tak terkecuali kategorial bapa yang memang kali ini terlihat sangat kompak. Bukti dari kekompakan tersebut berlanjut dengan berhasilnya bapa memenangkan quiz per kategorial yang disusun oleh Vic. R. Situmorang, sedangkan untuk quiz per keluarga dimenangkan berturut-turut oleh keluarga D. Simarmata, H.J. Sipayung, dan E. Purba. Ini bukti semangat dari semua jemaat dalam mengikuti quiz. Acara dilanjutkan manortor bersama dengan segala jenis tortor dari tiap sektor yang kemudian memberi jagar-jagar kepada panitia yang berlangsung dengan begitu meriah. Demikianlah rangkaian acara ibadah dan perayaan pesta olob-olob resort Surabaya. Semoga lewat perayaan pesta olob-olob ini, kita semua dapat mengingat kembali bagaimana semangat pada penginjil terdahulu dalam memenangkan jiwa-jiwa untuk kemuliaan nama Tuhan di tanah Simalungun. Selamat marpesta olob-olob ma banta ganupan, Tuhan Yesus memberkati!!

Ditulis oleh GKPS DENPASAR Sunday, November 1, 2009

0 komentar

Subscribe here

Tentang Kami

My photo
Denpasar, Bali, Indonesia
WELLCOME to Gereja Kristen Protestan Simalungun Bali... Di sini tempat kita memuji Tuhan Yesus Kristus, tempat kita belajar Firman Tuhan... Let's praise Jesus Christ..!!Haleluya...

Pengurus Gereja

Pendeta
Pdt. Melena br. Turnip

Pimpinan Majelis

Vorhanger : St. Jansen Purba Sidagambir
Wapeng : St. Rajalim Saragih Simarmata
Sekretaris : Sy. Johny Damanik
Bendahara : St. W. Saragih Simarmata

Anggota Majelis
St. Rajalim Saragih
St. H. F. Sinaga
Sy. HJ. Sipayung
Sy. Enrico Purba
Sy. Doni F. Sinaga
Sy. Jayansen Sipayung
Sy. E. H. Sinaga
Sy. Jadima Purba Sidagambir
Sy. Benny Saragih
Sy. Jonrianto Purba

Seksi-seksi/Koordinator
Bapa: Sy. Jayansen Sipayung
Wanita: Ny. M. Lisbeth Br. Saragih
Pemuda: Sy. Donny Sinaga
SM: Ny. Evi K. Br. Girsang

Pembimbing
Bapa: St. H. F. Sinaga
Wanita: St. W. Saragih Simarmata
Pemuda: Sy. Jadima Purba Sidagambir
SM: Sy. Jonrianto Purba

Translate

GKPS Denpasar's Moments

Pensi Pgkps Denpasar

Ianan, Lokasi


View Tanjung Benoa in a larger map