Namun yang terpenting juga adalah bagaimana peran gereja memberi pemahaman teologis kepada keluarga-keluarga Kristen yang menjadi anggota jemaatnya untuk mulai dari kesadaran per keluarga dan individu, usaha pelestarian lingkungan hidup di mulai. Dengan munculnya kesadaran perkeluarga dan juga per individu maka kerja pelestarian lingkungan akan menjadi massal tapi dengan biaya yang murah. Misalnya, mulai dengan memberi pemahaman cara membuang sampah, dan isi teologisnya bahwa kebersihan adalah juga bagian dari iman.

Perubahan paradigma berteologi tersebut akhirnya harus mengambil bentuk dalam pola pelayanan gereja, yang mulai dari khotbah-khotbah di atas mimbar mengabarkan pentingnya keselamatan lingkungan hidup sebagai bagian dari keselamatan hidup secara holistik. Berikut barangkali berkembang sampai pada aksi, misalnya menanam pohon, menggalakan hidup bersih, dan mungkin sampai pada level aksi menolak segala macam kuasa dan kekuatan yang merongrong kelestarian lingkungan hidup. Gereja terpanggil untuk ikut serta dalam proses penyelamatan lingkungan dunia secara utuh. Gereja memang terpanggil untuk ikut menyelematkan lingkungan hidup. Sebab nilai Injil adalah penyelamatan seisi dunia, termasuk manusia dan alam semesta ini. Maka, dari dasar pemikiran teologis ini gereja akhirnya dituntut keterlibatannya untuk ikut bersama-sama dengan masyarakat dalam usaha menyelematkan lingkungan hidup. Sebab, keselamatan kekinian, dalam pemahaman teologis gereja juga memberi isi pada harapan keselamatan yang akan datang. Bahkan, keduanya saling terkait dalam proses menjadi orang Kristen yang taat pada firman.

Menyusul dengan itu adalah aksi nyata komunitas gereja bersama-sama dengan komunitas masyarakat dan keagamaan yang lain. Kampanye pentingnya menjaga kebersihan, pelestarian hutan dan polusi dari kendaraan bermotor dapat dilakukan oleh gereja bersama-sama anggota masyarakat yang lain. Dan, inilah bentuk-bentuk keterlibatan gereja dalam ikut menyelematkan bumi, yang juga dapat dipahami sebagai usaha menyelematkan hidup manusia dari bencana yang dahsyat. Gereja sebenarnya memiliki potensi besar untuk usaha itu. Sebab, gereja yang termasuknya di dalamnya para pejabat gereja dan umatnya berada dalam satu komunitas yang terhubung oleh kasih. Komunitas yang mungkin saja berbeda suku, ras dan golongan ini dapat bersama-sama untuk melakukan refleksi dan aksi dalam usaha menyelamatkan lingkungan hidup. Sebab, meski gereja adalah komunitas spiritual, namun dia hadir dalam dunia yang penuh dengan macam-macam persoalan dan tantangan.

Kehadiran gereja di tengah dunia ini tentulah bukan untuk dimaksudkan menjadi komunitas eksklusif, melainkan komunitas yang terbuka untuk melayani keragaman persoalan dunia, termasuk di dalamnya lingkungan hidup. Injil yang diberitakan oleh Yesus Kristus membawa nilai-nilai dan semangat untuk memberi respon atau tanggapan atas berbagai persoalan dunia. Lingkungan hidup, sebagai ciptaan Tuhan di manusia berpijak dan melanjutkan hidupnya, adalah juga ladang di mana gereja memberitakan kabar kesukaan, kabar baik yang menyelamatkan. Sebab, dengan ikut menyelamatkan lingkungan hidup berarti gereja telah ikut mengabarkan Injil untuk keselamatan semua.

Ditulis oleh GKPS DENPASAR Sunday, March 14, 2010

0 komentar

Subscribe here

Tentang Kami

My photo
Denpasar, Bali, Indonesia
WELLCOME to Gereja Kristen Protestan Simalungun Bali... Di sini tempat kita memuji Tuhan Yesus Kristus, tempat kita belajar Firman Tuhan... Let's praise Jesus Christ..!!Haleluya...

Pengurus Gereja

Pendeta
Pdt. Melena br. Turnip

Pimpinan Majelis

Vorhanger : St. Jansen Purba Sidagambir
Wapeng : St. Rajalim Saragih Simarmata
Sekretaris : Sy. Johny Damanik
Bendahara : St. W. Saragih Simarmata

Anggota Majelis
St. Rajalim Saragih
St. H. F. Sinaga
Sy. HJ. Sipayung
Sy. Enrico Purba
Sy. Doni F. Sinaga
Sy. Jayansen Sipayung
Sy. E. H. Sinaga
Sy. Jadima Purba Sidagambir
Sy. Benny Saragih
Sy. Jonrianto Purba

Seksi-seksi/Koordinator
Bapa: Sy. Jayansen Sipayung
Wanita: Ny. M. Lisbeth Br. Saragih
Pemuda: Sy. Donny Sinaga
SM: Ny. Evi K. Br. Girsang

Pembimbing
Bapa: St. H. F. Sinaga
Wanita: St. W. Saragih Simarmata
Pemuda: Sy. Jadima Purba Sidagambir
SM: Sy. Jonrianto Purba

Translate

GKPS Denpasar's Moments

Pensi Pgkps Denpasar

Ianan, Lokasi


View Tanjung Benoa in a larger map